Kamis, 10 September 2015

Merangkul Dunia Bersama Mahasiswa Cerdas Berbudi Luhur

Diposting oleh Syahrima di 22.51
Sekedar mengingat bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, suku, ras, juga agama. Tidak dipungkiri juga Indonesia merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi nilai dan norma yang bermacam-macam. Keanekaragaman inilah yang membuat Indonesia harus memiliki budi pekerti yang dapat diwariskan kepada para generasi  penerus bangsa agar senantiasa mempunyai tata krama yang benar juga baik dalam menjalani kehidupan ini.
  Beberapa manusia masih ada yang beranggapan bahwa semua keinginan yang mereka inginkan adalah sebuah keperluan yang harus didapatkan, namun apakah Anda menyadari jika Tuhan Yang Maha Esa telah mencukupkan diri kita dengan sangat sempurna?  Manusia diciptakan dengan berbagai kepandaian dalam segala hal yang dilengkapi dengan keahlian sikap berbudi luhur yang telah diajarkan oleh kedua orang tua semenjak manusia tersebut dilahirkan ke dunia.
  Perlu kita sadari, keberadaan di tengah berbagai macam jenis sifat dan sikap manusia harus mempunyai rasa toleransi yang tinggi dalam menghargai sebuah perbedaan, menghormati satu sama lain dan juga tidak lupa untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah kita miliki sekarang ini. Bahkan ketika kita mampu bersyukur, kita mampu merasakan suatu keberkahan hidup yang telah di titipkan oleh-Nya.
  Misalnya, ketika kita mendapatkan sebuah kebahagiaan lalu dapat membagi kebahagiaan itu kepada orang-orang di sekeliling, itu akan membuat mereka merasakan kebagiaan yang kita rasakan, juga ketika kita mengalami suatu kesulitan dan orang lain membantu kita, secara tidak langsung orang tersebut sudah mengingatkan kita bagaimana cara nya untuk saling peduli kepada sesama. Cara itulah yang dapat membuat kita menjadi pribadi yang cerdas berbudi luhur juga akan membuat kita bermanfaat bagi orang dan lingkungan di sekitar kita.

Mahasiswa Berbudi Luhur
  Tanpa disadari semakin besar ilmu yang kita miliki, semakin besar pula rintangan yang akan kita hadapi. Di lihat dari sudut pandang mahasiswa, tak sedikit tindakan dan kelakuan yang telah dilakukan tanpa kesadaran dengan keadaan sekitar. Memiliki kesadaran yang kuat dengan keadaan sekitar adalah sebuah sikap yang harus dilakukan dengan sebuah keikhlasan. Sebagai mahasiswa, hendaknya memiliki kemampuan yang cerdas berbudi luhur, rela memikirkan dan memahami dengan hati ikhlas dan terbuka untuk semua keadaan yang terjadi di sekitar kita.
  Mahasiswa yang cerdas berbudi luhur adalah mahasiswa yang memiliki pemikiran positif untuk dapat bermanfaat bagi lingkungannya, mereka mampu menjadi sebuah panutan untuk beberapa kerabat nya agar dapat ikut serta menjadi seseorang yang mempunyai sikap jujur, tanggung jawab, sabar dan selalu mensyukuri. Perlu kita pahami bahwa cerdas berbudi luhur tak melulu membicarakan tentang rasa rendah hati yang dikhususkan untuk diri sendiri, namun juga harus ditanamkan kepada diri sendiri dan orang sekitar. Melalui sebuah kerjasama dalam melakukan kegiatan dengan orang lain, dengan tujuan untuk mencapai sebuah tujuan juga mampu dilakukan untuk menjadi seorang mahasiswa yang berbudi luhur.

Kini, Mahasiswa Adalah “Gambaran” Bangsa
  Di era globalisasi ini tak dipungkiri lagi bahwa banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, bersamaan dengan ini nilai tata krama juga harus dibawa dimanapun mahasiswa berada, dimanapun ia berada jika dirinya memiliki nilai tata krama yang baik, maka ia akan dihargai oleh lingkungan sekitarnya. Sebagaimana kalimat yang dituturkan oleh Prof. Dr. Quraish Shihab, “Orang yang berkeperibadian tentu akan mengenal sifat dan nama-namanya sehingga ia menampilkan sifat-sifat baik dan berbudi luhur.”
  Kini, mahasiswa adalah “gambaran” bangsa, bagaimana tidak? Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Dan sebagai mahasiswa dapat dikatakan sebagai gambaran bangsa di masa depan, dengan berbekal akal cerdas juga sikap yang berbudi luhur, mahasiswa akan membuat sebuah perubahan yang berguna bagi bangsa. Cinta kasih yang telah dimiliki akan membuat kehidupan sederhana menjadi sebuah berkah yang luar biasa.

Kebahagiaan Terbesar Adalah Berkah Rasa Syukur
  Sebuah rasa sabar mensyukuri yang dimiliki oleh manusia adalah salah satu kunci mendapatkan sebuah kebahagiaan. Menurut Kahlil Gibran dalam sebuah puisi yang pernah ditulisnya, “Tuhan telah menyalakan obor dalam hatimu yang memancarkan cahaya pengetahuan dan keindahan.” ini menjelaskan bahwa sesungguhnya setiap manusia sudah diberikan sebuah kebahagiaan, tergantung orang tersebut mampu mensyukuri sebuah kebahagiaan itu seperti apa.
  Berbagai sikap yang dimiliki oleh seorang mahasiswa yang cerdas berbudi luhur adalah bagaimana ia mampu bersyukur dengan segala berkah yang ia dapatkan, sifat pribadi yang dapat memposisikan sama antara dirinya dengan orang lain, merasa tidak pintar, baik, dan mahir di segala bidang dan juga dapat menghargai orang lain dengan tulus adalah cara bagaimana kita mampu bersyukur dengan apa yang telah diraih selama ini.

Tanggung Jawab Meraih Mimpi
  Sebagai mahasiswa yang memiliki kecerdasan yang begitu penuh dengan ilmu pengetahuan, alangkah lebih baiknya untuk selalu mempunyai sikap bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan, seperti yang diketahui bahwa setiap perbuatan akan diminta pertanggung jawabannya. Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
  Tanggung jawab sangat diperlukan untuk seorang mahasiswa dalam meraih sebuah mimpi yang dicita-cita kan, sebuah tanggung jawab juga berarti sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Sebuah contoh kecil sikap bertanggung jawab dapat dilihat dari sebuah usaha sungguh-sungguh yang dilakukan oleh mahasiswa ketika sedang mengerjakan tugasnya, mahasiswa yang bertanggung jawab akan menyelesaikan tugas nya hingga selesai dengan kesabaran dan kejujuran. Untuk itulah seorang mahasiswa harus melakukan segala kegiatan dengan sikap yang bertanggung jawab.

Toleransi Memenuhi Kompetensi
  Mengingat sangat berpengaruhnya sebuah kompetensi dalam ruang lingkup mahasiswa, juga tidak diragukan lagi bila seorang mahasiswa yang cerdas berbudi luhur seharusnya mampu memahami dan memiliki sikap toleransi. Semua mahasiswa pada dasar nya sudah memiliki kompetensi dalam dirinya, tentunya jika kompetensi itu dapat diasah dengan baik akan menghasilkan hal yang baik pula.
  Toleransi merupakan suatu sikap seseorang menerima pihak lain dan menghargai perbedaan atau tindakan orang lain. Toleransi dalam melakukan segala tugas yang dilakukan oleh mahasiswa cerdas berbudi luhur juga sangat bermanfaat untuk setiap pekerjaan yang dilakukannnya. Salah satu contohnya yaitu ketika seorang mahasiswa mampu menghargai sebuah pendapat yang diberikan oleh temannya ketika mengerjakan sebuah tugas bersama, sikap toleransi ini mampu membuat tugas yang dirasakan berat menjadi ringan jika dilakukan dengan ikhlas, dan pada akhirnya sebuah berkah pula yang dapat dirasakan ketika tugas itu selesai dengan cara toleransi yang baik.

Sopan Santun Berbudi Luhur
  Berada diantara berbagai jenis pemikiran manusia yang berbeda membuat para mahasiswa diharuskan mampu menjunjung tinggi sikap santun dalam berbicara dan berlaku sopan kepada semua orang. Menurut Syarah Sahani, salah satu mahasiswi Universitas Budi Luhur, “Mahasiswa yang baik itu bukan hanya mahasiswa yang pintar secara akademis nya saja, melainkan kepintaran nya itu harus diimbangi dengan sikap sopan santun, tata krama, dan juga agama kita.”
  Sebuah sikap dan tutur kata yang dilakukan oleh seorang mahasiswa adalah cerminan diri nya sendiri, jika mahasiswa pada era globalisasi ini mampu menjadikan sopan santun menjadi sebuah “ciri” dalam hidup nya, maka mahasiswa tersebut akan menjadi seseorang yang tergolong memiliki sifat berbudi luhur.

Merangkul Dunia Bersama Mahasiswa Cerdas Berbudi Luhur
  Banyak cara yang mampu dilakukan oleh mahasiswa agar mereka dapat memberikan perubahan untuk lingkungan sekelilinganya dan juga untuk dunia. Pada dasarnya mahasiswa dijadikan menjadi seseorang yang setingkat lebih “Maha” diantara pelajar-pelajar lainnya, mengapa dikatakan seperti itu? Karena mahasiswa adalah sebuah tingkatan pelajar yang memiliki cara pandangan yang telah berbeda dengan siswa sekolah, mahasiswa juga dikatakan sebagai siswa yang sudah mampu memikul peranan yang lebih besar dari siswa sekolah. Mahasiswa Indonesia dirasa mampu merangkul dunia dengan sifat dan sikap cerdas berbudi luhur yang harus mereka miliki. Berikut beberapa caranya:
  1. Berani peduli dengan keadaan sekitar
  Belajar dari setangkai tanaman putri malu, ketika ia angin berhembus putri malu tanpa sadar menutup bagian daun nya, dan ketika ada yang memegang nya ia secara otomatis juga akan menutup bagian daun nya pula. Sama seperti manusia, ketika ia dihadapkan dengan situasi apapun, alangkah lebih baiknya jika mereka dapat langsung bergerak untuk peduli dengan hal tersebut.
2. Tidak malu untuk bertanya
  Menjadi seorang mahasiswa tentunya perlu memiliki wawasan yang luas, untuk itu jangan pernah malu untuk bertanya, pada dasarnya seorang yang sukses adalah orang yang memiliki segudang pertanyaan, dan seorang yang kreatif adalah mereka yang mampu memecahkan segudang tanda tanya tersebut. Mahasiswa cerdas berbudi luhur juga harus cerdas dalam segala pertanyaan yang diutarakan, dan memiliki pemikiran kritis untuk memecahkan sebuah pertanyaan.
3. Menanamkan budi pekerti yang baik bagi generasi penerus
  Tak hanya diri sendiri yang harus memiliki budi pekerti yang baik, namun generasi selanjutnya pun juga harus ditanamkan rasa peduli dengan sesama, tidak egois yang hanya memikirkan diri sendiri, dan selalu berperilaku baik yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya. Mahasiswa cerdas berbudi luhur yang mampu merangkul dunia adalah seorang mahasiswa yang selalu berbagi hal-hal positif kepada dunia sekitarnya.

Waktunya Merangkul Dunia Bersama Mahasiswa Cerdas Berbudi Luhur
  Uraian sederhana di atas mungkin terbilang masih kurang dari kata “sempurna” dalam memaparkan segala hal yang berkaitan dengan aksi berbudi luhur. Namun, langkah kecil itu dirasa mampu membuat para pembaca dan khususnya mahasiswa lain menjadi terdorong untuk selalu berusaha memberikan sikap positif yang mereka miliki.


  Kini, waktunya mahasiswa bergerak untuk merangkul dunia dengan segala aksi positif yang mereka miliki, dengan hal tersebut mereka akan merasakan sebuah berkah dari sikap-sikap positif yang dilakukannya. Mari kita jaga sikap cerdas berbudi luhur yang merupakan langkah besar untuk merangkul dunia menjadi lebih baik lagi. Agar mahasiswa cerdas berbudi luhur mampu menjadi penerus bangsa yang membanggakan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Kamis, 10 September 2015

Merangkul Dunia Bersama Mahasiswa Cerdas Berbudi Luhur

Sekedar mengingat bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, suku, ras, juga agama. Tidak dipungkiri juga Indonesia merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi nilai dan norma yang bermacam-macam. Keanekaragaman inilah yang membuat Indonesia harus memiliki budi pekerti yang dapat diwariskan kepada para generasi  penerus bangsa agar senantiasa mempunyai tata krama yang benar juga baik dalam menjalani kehidupan ini.
  Beberapa manusia masih ada yang beranggapan bahwa semua keinginan yang mereka inginkan adalah sebuah keperluan yang harus didapatkan, namun apakah Anda menyadari jika Tuhan Yang Maha Esa telah mencukupkan diri kita dengan sangat sempurna?  Manusia diciptakan dengan berbagai kepandaian dalam segala hal yang dilengkapi dengan keahlian sikap berbudi luhur yang telah diajarkan oleh kedua orang tua semenjak manusia tersebut dilahirkan ke dunia.
  Perlu kita sadari, keberadaan di tengah berbagai macam jenis sifat dan sikap manusia harus mempunyai rasa toleransi yang tinggi dalam menghargai sebuah perbedaan, menghormati satu sama lain dan juga tidak lupa untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah kita miliki sekarang ini. Bahkan ketika kita mampu bersyukur, kita mampu merasakan suatu keberkahan hidup yang telah di titipkan oleh-Nya.
  Misalnya, ketika kita mendapatkan sebuah kebahagiaan lalu dapat membagi kebahagiaan itu kepada orang-orang di sekeliling, itu akan membuat mereka merasakan kebagiaan yang kita rasakan, juga ketika kita mengalami suatu kesulitan dan orang lain membantu kita, secara tidak langsung orang tersebut sudah mengingatkan kita bagaimana cara nya untuk saling peduli kepada sesama. Cara itulah yang dapat membuat kita menjadi pribadi yang cerdas berbudi luhur juga akan membuat kita bermanfaat bagi orang dan lingkungan di sekitar kita.

Mahasiswa Berbudi Luhur
  Tanpa disadari semakin besar ilmu yang kita miliki, semakin besar pula rintangan yang akan kita hadapi. Di lihat dari sudut pandang mahasiswa, tak sedikit tindakan dan kelakuan yang telah dilakukan tanpa kesadaran dengan keadaan sekitar. Memiliki kesadaran yang kuat dengan keadaan sekitar adalah sebuah sikap yang harus dilakukan dengan sebuah keikhlasan. Sebagai mahasiswa, hendaknya memiliki kemampuan yang cerdas berbudi luhur, rela memikirkan dan memahami dengan hati ikhlas dan terbuka untuk semua keadaan yang terjadi di sekitar kita.
  Mahasiswa yang cerdas berbudi luhur adalah mahasiswa yang memiliki pemikiran positif untuk dapat bermanfaat bagi lingkungannya, mereka mampu menjadi sebuah panutan untuk beberapa kerabat nya agar dapat ikut serta menjadi seseorang yang mempunyai sikap jujur, tanggung jawab, sabar dan selalu mensyukuri. Perlu kita pahami bahwa cerdas berbudi luhur tak melulu membicarakan tentang rasa rendah hati yang dikhususkan untuk diri sendiri, namun juga harus ditanamkan kepada diri sendiri dan orang sekitar. Melalui sebuah kerjasama dalam melakukan kegiatan dengan orang lain, dengan tujuan untuk mencapai sebuah tujuan juga mampu dilakukan untuk menjadi seorang mahasiswa yang berbudi luhur.

Kini, Mahasiswa Adalah “Gambaran” Bangsa
  Di era globalisasi ini tak dipungkiri lagi bahwa banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, bersamaan dengan ini nilai tata krama juga harus dibawa dimanapun mahasiswa berada, dimanapun ia berada jika dirinya memiliki nilai tata krama yang baik, maka ia akan dihargai oleh lingkungan sekitarnya. Sebagaimana kalimat yang dituturkan oleh Prof. Dr. Quraish Shihab, “Orang yang berkeperibadian tentu akan mengenal sifat dan nama-namanya sehingga ia menampilkan sifat-sifat baik dan berbudi luhur.”
  Kini, mahasiswa adalah “gambaran” bangsa, bagaimana tidak? Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Dan sebagai mahasiswa dapat dikatakan sebagai gambaran bangsa di masa depan, dengan berbekal akal cerdas juga sikap yang berbudi luhur, mahasiswa akan membuat sebuah perubahan yang berguna bagi bangsa. Cinta kasih yang telah dimiliki akan membuat kehidupan sederhana menjadi sebuah berkah yang luar biasa.

Kebahagiaan Terbesar Adalah Berkah Rasa Syukur
  Sebuah rasa sabar mensyukuri yang dimiliki oleh manusia adalah salah satu kunci mendapatkan sebuah kebahagiaan. Menurut Kahlil Gibran dalam sebuah puisi yang pernah ditulisnya, “Tuhan telah menyalakan obor dalam hatimu yang memancarkan cahaya pengetahuan dan keindahan.” ini menjelaskan bahwa sesungguhnya setiap manusia sudah diberikan sebuah kebahagiaan, tergantung orang tersebut mampu mensyukuri sebuah kebahagiaan itu seperti apa.
  Berbagai sikap yang dimiliki oleh seorang mahasiswa yang cerdas berbudi luhur adalah bagaimana ia mampu bersyukur dengan segala berkah yang ia dapatkan, sifat pribadi yang dapat memposisikan sama antara dirinya dengan orang lain, merasa tidak pintar, baik, dan mahir di segala bidang dan juga dapat menghargai orang lain dengan tulus adalah cara bagaimana kita mampu bersyukur dengan apa yang telah diraih selama ini.

Tanggung Jawab Meraih Mimpi
  Sebagai mahasiswa yang memiliki kecerdasan yang begitu penuh dengan ilmu pengetahuan, alangkah lebih baiknya untuk selalu mempunyai sikap bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan, seperti yang diketahui bahwa setiap perbuatan akan diminta pertanggung jawabannya. Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
  Tanggung jawab sangat diperlukan untuk seorang mahasiswa dalam meraih sebuah mimpi yang dicita-cita kan, sebuah tanggung jawab juga berarti sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Sebuah contoh kecil sikap bertanggung jawab dapat dilihat dari sebuah usaha sungguh-sungguh yang dilakukan oleh mahasiswa ketika sedang mengerjakan tugasnya, mahasiswa yang bertanggung jawab akan menyelesaikan tugas nya hingga selesai dengan kesabaran dan kejujuran. Untuk itulah seorang mahasiswa harus melakukan segala kegiatan dengan sikap yang bertanggung jawab.

Toleransi Memenuhi Kompetensi
  Mengingat sangat berpengaruhnya sebuah kompetensi dalam ruang lingkup mahasiswa, juga tidak diragukan lagi bila seorang mahasiswa yang cerdas berbudi luhur seharusnya mampu memahami dan memiliki sikap toleransi. Semua mahasiswa pada dasar nya sudah memiliki kompetensi dalam dirinya, tentunya jika kompetensi itu dapat diasah dengan baik akan menghasilkan hal yang baik pula.
  Toleransi merupakan suatu sikap seseorang menerima pihak lain dan menghargai perbedaan atau tindakan orang lain. Toleransi dalam melakukan segala tugas yang dilakukan oleh mahasiswa cerdas berbudi luhur juga sangat bermanfaat untuk setiap pekerjaan yang dilakukannnya. Salah satu contohnya yaitu ketika seorang mahasiswa mampu menghargai sebuah pendapat yang diberikan oleh temannya ketika mengerjakan sebuah tugas bersama, sikap toleransi ini mampu membuat tugas yang dirasakan berat menjadi ringan jika dilakukan dengan ikhlas, dan pada akhirnya sebuah berkah pula yang dapat dirasakan ketika tugas itu selesai dengan cara toleransi yang baik.

Sopan Santun Berbudi Luhur
  Berada diantara berbagai jenis pemikiran manusia yang berbeda membuat para mahasiswa diharuskan mampu menjunjung tinggi sikap santun dalam berbicara dan berlaku sopan kepada semua orang. Menurut Syarah Sahani, salah satu mahasiswi Universitas Budi Luhur, “Mahasiswa yang baik itu bukan hanya mahasiswa yang pintar secara akademis nya saja, melainkan kepintaran nya itu harus diimbangi dengan sikap sopan santun, tata krama, dan juga agama kita.”
  Sebuah sikap dan tutur kata yang dilakukan oleh seorang mahasiswa adalah cerminan diri nya sendiri, jika mahasiswa pada era globalisasi ini mampu menjadikan sopan santun menjadi sebuah “ciri” dalam hidup nya, maka mahasiswa tersebut akan menjadi seseorang yang tergolong memiliki sifat berbudi luhur.

Merangkul Dunia Bersama Mahasiswa Cerdas Berbudi Luhur
  Banyak cara yang mampu dilakukan oleh mahasiswa agar mereka dapat memberikan perubahan untuk lingkungan sekelilinganya dan juga untuk dunia. Pada dasarnya mahasiswa dijadikan menjadi seseorang yang setingkat lebih “Maha” diantara pelajar-pelajar lainnya, mengapa dikatakan seperti itu? Karena mahasiswa adalah sebuah tingkatan pelajar yang memiliki cara pandangan yang telah berbeda dengan siswa sekolah, mahasiswa juga dikatakan sebagai siswa yang sudah mampu memikul peranan yang lebih besar dari siswa sekolah. Mahasiswa Indonesia dirasa mampu merangkul dunia dengan sifat dan sikap cerdas berbudi luhur yang harus mereka miliki. Berikut beberapa caranya:
  1. Berani peduli dengan keadaan sekitar
  Belajar dari setangkai tanaman putri malu, ketika ia angin berhembus putri malu tanpa sadar menutup bagian daun nya, dan ketika ada yang memegang nya ia secara otomatis juga akan menutup bagian daun nya pula. Sama seperti manusia, ketika ia dihadapkan dengan situasi apapun, alangkah lebih baiknya jika mereka dapat langsung bergerak untuk peduli dengan hal tersebut.
2. Tidak malu untuk bertanya
  Menjadi seorang mahasiswa tentunya perlu memiliki wawasan yang luas, untuk itu jangan pernah malu untuk bertanya, pada dasarnya seorang yang sukses adalah orang yang memiliki segudang pertanyaan, dan seorang yang kreatif adalah mereka yang mampu memecahkan segudang tanda tanya tersebut. Mahasiswa cerdas berbudi luhur juga harus cerdas dalam segala pertanyaan yang diutarakan, dan memiliki pemikiran kritis untuk memecahkan sebuah pertanyaan.
3. Menanamkan budi pekerti yang baik bagi generasi penerus
  Tak hanya diri sendiri yang harus memiliki budi pekerti yang baik, namun generasi selanjutnya pun juga harus ditanamkan rasa peduli dengan sesama, tidak egois yang hanya memikirkan diri sendiri, dan selalu berperilaku baik yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya. Mahasiswa cerdas berbudi luhur yang mampu merangkul dunia adalah seorang mahasiswa yang selalu berbagi hal-hal positif kepada dunia sekitarnya.

Waktunya Merangkul Dunia Bersama Mahasiswa Cerdas Berbudi Luhur
  Uraian sederhana di atas mungkin terbilang masih kurang dari kata “sempurna” dalam memaparkan segala hal yang berkaitan dengan aksi berbudi luhur. Namun, langkah kecil itu dirasa mampu membuat para pembaca dan khususnya mahasiswa lain menjadi terdorong untuk selalu berusaha memberikan sikap positif yang mereka miliki.


  Kini, waktunya mahasiswa bergerak untuk merangkul dunia dengan segala aksi positif yang mereka miliki, dengan hal tersebut mereka akan merasakan sebuah berkah dari sikap-sikap positif yang dilakukannya. Mari kita jaga sikap cerdas berbudi luhur yang merupakan langkah besar untuk merangkul dunia menjadi lebih baik lagi. Agar mahasiswa cerdas berbudi luhur mampu menjadi penerus bangsa yang membanggakan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Syahrima. Diberdayakan oleh Blogger.
 

My Online Diary Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea