Kamis, 19 Maret 2015

[ Contoh Script Short Movie ]

Diposting oleh Syahrima di 08.12 0 komentar
FADE IN:
EXT. KAMPUS - MORNING
Seorang lelaki terlihat sedang berjalan menuju gerbang kampus, dengan setumpuk buku yang di genggam nya ia jalan terlihat sedikit tergesa-gesa
LELAKI
( sambil melihat jam tangan )
Aduh kesiangan deh nih gue, aaaa kelar deh nih udah telat banget
CUT TO:
Di waktu yang bersamaan terlihat seorang gadis yang sedang asyik dengan handphone nya, berjalan pelan seakan tak memperdulikan sekitarnya. langkah demi langkah ia telusuri dengan santai, hingga tiba-tiba seorang lelaki menabrak nya hingga buku yang di pegang lelaki tersebut jatuh berantakan
GADIS
Gimana sih jalannya?!!! Gak ngeliat gue ya sampedi tabrak kaya gini ih!
LELAKI
( merapikan buku )
Maaf maaf gue gak sengaja.. Gue buru-buru soalnya, maaf ya
Lelaki itu pergi meninggalkan si gadis, gadis yang di tabrak si lelaki pun tetap merasa kesal, dan akhirnya melanjutkan langkahnya ke kelas
DISSOLVE TO:
INT. KELAS - MORNING
Tiba dikelas, beberapa mahasiswa sudah menempati kursi yang sudah di sediakan, maklum hari ini adalah hari pertama memulai semester baru di perkuliahan. lelaki tersebut dengan gagah nya berjalan dan menempati kursi paling depan, tidak lama setelah itu si gadis yang di tabrak oleh lelaki di koridor tadipun juga memasuki kelas yang sama. Dengan wajah heran lelaki itupun memperhatikan gerak-gerik sang gadis.
GADIS
Eh... kampus seluas ini dan gue masih ketemu lo lagi??? ngapain lo disini? ngikutin gue?
LELAKI
Gue duluan kali ya yang disini, gak ada guna nya juga gue ngikutin lo

CUT TO:
INT. KELAS - MORNING
Proses belajar mengajar pun berlangsung dengan tenang, hari pertama menjadi mahasiswa mungkin menjadikan kelas ini teduh dan hening. hingga akhirnya jam pelajaran habis dan mahasiswa segera meninggalkan kelas.
CUT TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Di sudut kelas itu terlihat seorang lelaki sedang serius memandangi layar laptop yang ada di depan nya, kelas itu terlihat sangat sunyi.. Hingga akhir nya terdengar suara tawa yang makin lama terdengar lebih dekat
GADIS
Eh.. Masih ada orang ya.. Kelas udah selesai gini masih aja sok sibuk ngerjain tugas,beda ya anak pinter sih gitu..
GADIS II
Hus!! Kalo ngomong jangan gitu, tadi kan emang dapet tugas presentasi buat minggu depan
CUT TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Lelaki itu tetap fokus dengan tugasnya, sebenarnya ia mendengar percakapan antara gadis itu namun ia tetap tidak menggubrisnya. Kelas sunyi itu kini mulai tak nyaman, suara tawa canda beberapa gadis itu membuat risih si lelaki,hingga akhirnya si lelaki itupun memilih untuk meninggalkan kelas.
LELAKI
        Permisi..
(sambil sedikit membungkukan tubuhnya ketika melewati beberapa gadis itu )
GADIS
Jalanan luas kali mas, ga sopan banget ngelewewatin orang lagi ngobrol
LELAKI
( menoleh sinis )
GADIS
Dasar gak sopan, katanya pinter tapi gak ada sopan santun nya
LELAKI
Maaf ya mba, gue tadi udah bilang “permisi”, mungkin lo nya aja kali yang gak denger
( sambil melihat si gadis dengan tampang sinis )
CUT TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Gadis itu terlihat sangat kesal setelah mendengar ucapan yang terlontar dari mulut si lelaki, di waktu yang sama si lelaki itupun pergi meninggalkan kelas dan juga beberapa gadis yang ada di kelas tadi
LELAKI
Salah apa gue sama tuh cewek.. Setiap ketemu bikingue kesel mulu, ada aja salah gue kayaknya.Argh
DISSOLVE TO:
EXT. KAMPUS - AFTERNOON
Terlihat suasana kampus, mulai dari mahasiswa yang sedang berjalan di koridor, keadaan dilapangan,hingga canda tawa yang terdengar sesekali dari kantin
LELAKI II
Woi.. Sendirian mulu lu, sekalinya ada yang nemenin malah di temenin buku hahaha
Sapa seorang teman si lelaki di tengah-tengah langkah kaki nya

LELAKI
Hahaha rese lo.. Nanti juga ada yang nemenin... nanti kapan-kapan...
LELAKI II
Jangan lupa kita ada tugas presentasi nih, yang kelompok ituloh.. Gue sama lo bukan si?
LELAKI
Ohh.. Iya iya inget kok, iya lo sama gue sama anak-anak lain juga lumayan banyak sih ada 6 orang gitu
LELAKI II
Sip deh.. Kabarin gue aja ya, gue duluan nih mau ada kelas lagi
LELAKI
Okee gampang deh yaaa
DISSOLVE TO:
INT. RUMAH - AFTERNOON
Besok pagi adalah jadwal untuk presentasi. Terlihat si lelaki itu sedang membaca buku di kamarnya, dan sesekali mencatat hal-hal yang menurutnya penting di buku itu. Disisi lain, sang gadis angkuh itu sedang bersantai di kamar nya dengan handphone di tangan nya dan secangkir teh hangat yang menemani.
CUT TO:
INT. RUMAH - EVENING
Camera Pan Left. Lelaki itu sedang belajar bahan presentasi untuk besok.
INT. RUMAH - EVENING
Di tempat yang berbeda, si gadis hanya membaca materi sekilas untuk presentasi.
DISSOLVE TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Presentasi berlangsung, si lelaki itu merasa tidak maksimal mempresentasikan materi nya, karena ada beberapa materi yang mendadak tak diingatolehnya. Sedangkan si gadis yang dari kemarin tidak mempersiapkan apapun, merasa puas dengan apa yang sudah ia presentasikan.
GADIS
Halo mas jenius.. Kok bisa lupa gitu sih materinya? hahahaha 
( tertawa dingin )
LELAKI
(pergi meninggalkan gadis itu)
DISSOLVE TO:
EXT. KAMPUS - AFTERNOON
Suasana kampus ramai, lelaki itu sedang bersenda gurau bersama teman-temannya.
LELAKI II
Gue bingung deh ini tugas gak ada abis nya,kemarin presentasi.. Sekarang udah ada ulangan aja
LELAKI
Yaa namanya juga kuliah, tugas nya gak kayak sekolah dulu..lebih berat gitu deh,apalagi presentasi kemarin tuh..
(menunduk dan merenung)
LELAKI II
Ngomong-ngomong presentasi, tumben banget lo kemarin gagap gitu presentasiin nya?
LELAKI
Hhhhhhh.. Udahlah gausah dibahas lagi yang itu, kesel gue. 
CUT TO:
EXT. KAMPUS - AFTERNOON
Gadis sedang duduk pinggir taman sambil memainkan handphone
LELAKI
Yah sial deh pagi-pagi udah ketemu nih cewek
(mimik wajah kesal)
GADIS
Halo mas pinter.. hahaha. jangan lupa belajar ya nanti kita ulangan haha
(tertawa dengan nada meledek)
LELAKI II
Caaelaa.. Siapa tuh? Pagi2 udah di semangatin sama cewek aja..

DISSOLVE TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Suasana kelas saat ujian. Lelaki itu duduk di barisan paling depan, serius dengan lembar soal nya. Sedangkan si gadis duduk dikursi belakang, sesekali ia membuka handphone nya dan melihat jawaban dari internet.
INT. KAMPUS - AFTERNOON
Selesai ujian, lelaki itu membuka kembali catatannya dan ternyata jawaban yang ia tulis berbeda dengan catatannya.
LELAKI
(mimik wajah panik, menghela nafas panjang, pasrah)
Aaaaarrgh!! Kebalik lagi jawaban yang tadi gue tulis..aduhhh
Mendengar lelaki itu sedang meluapkan emosi nya didepan kelas, gadis itu tertawa pelan
GADIS
Mangkanya.. Jangan kebanyakan belajar, lupa deh tuhhh hahaha
LELAKI
( menoleh, dan bergegas meninggalkan tempat itu )
GADIS
Hei..gue belum selesai ngomong!!! Tunggu dulu
LELAKI
Apa lagi? Mau ngeledekin gue lagi? Mau teriak-teriak bilang gue cowok pinter lagi?
GADIS
Ih kok lo sotau banget sih..
Lelaki itu duduk di kursi paling depan dan meletakan tas nya di lantai
LELAKI
Terus?.. Mau ngapain sih? 
GADIS
Gue cuma mau minta maaf.. Gue ga ada maksud buat ngeledekin lo terus, dan gue juga ga bermaksud manggil lo “cowok pinter” yang bersifat ngejek kok.. Lo kan emang pinter, gak kaya gue otak pas-pasan gini
LELAKI
     (terdiam)
Heh ngomong apaa deh lo..toh lo juga selalu dapet nilai lebih dari gue. Gue belajar juga kadang gak sepenuhnya bener kok.
GADIS
Hmm..gini deh,mending kita belajar bareng aja, biar enak gitu daripada kayak ginikan..
Suasana hening, mereka saling berpandangan
GADIS (CONT’D)
Kok diem?? gimanaa?? Mau gak?
LELAKI
Boleh deh.. Ayok kita belajar bareng aja, besok ada quiz juga nih 
DISSOLVE TO:
INT. KELAS - EVENING
Mereka terlihat sedang belajar bersama, lelaki itupun sesekali mengajari si gadis dengan sabar, gadis itu sulit untuk memahami materi,namun si lelaki mencoba mengajarkan gadis dengan perlahan dan sabar. merekapun menjadi sahabat.
FADE OUT.


Written by

SYAHRIMA

Kamis, 19 Maret 2015

[ Contoh Script Short Movie ]

FADE IN:
EXT. KAMPUS - MORNING
Seorang lelaki terlihat sedang berjalan menuju gerbang kampus, dengan setumpuk buku yang di genggam nya ia jalan terlihat sedikit tergesa-gesa
LELAKI
( sambil melihat jam tangan )
Aduh kesiangan deh nih gue, aaaa kelar deh nih udah telat banget
CUT TO:
Di waktu yang bersamaan terlihat seorang gadis yang sedang asyik dengan handphone nya, berjalan pelan seakan tak memperdulikan sekitarnya. langkah demi langkah ia telusuri dengan santai, hingga tiba-tiba seorang lelaki menabrak nya hingga buku yang di pegang lelaki tersebut jatuh berantakan
GADIS
Gimana sih jalannya?!!! Gak ngeliat gue ya sampedi tabrak kaya gini ih!
LELAKI
( merapikan buku )
Maaf maaf gue gak sengaja.. Gue buru-buru soalnya, maaf ya
Lelaki itu pergi meninggalkan si gadis, gadis yang di tabrak si lelaki pun tetap merasa kesal, dan akhirnya melanjutkan langkahnya ke kelas
DISSOLVE TO:
INT. KELAS - MORNING
Tiba dikelas, beberapa mahasiswa sudah menempati kursi yang sudah di sediakan, maklum hari ini adalah hari pertama memulai semester baru di perkuliahan. lelaki tersebut dengan gagah nya berjalan dan menempati kursi paling depan, tidak lama setelah itu si gadis yang di tabrak oleh lelaki di koridor tadipun juga memasuki kelas yang sama. Dengan wajah heran lelaki itupun memperhatikan gerak-gerik sang gadis.
GADIS
Eh... kampus seluas ini dan gue masih ketemu lo lagi??? ngapain lo disini? ngikutin gue?
LELAKI
Gue duluan kali ya yang disini, gak ada guna nya juga gue ngikutin lo

CUT TO:
INT. KELAS - MORNING
Proses belajar mengajar pun berlangsung dengan tenang, hari pertama menjadi mahasiswa mungkin menjadikan kelas ini teduh dan hening. hingga akhirnya jam pelajaran habis dan mahasiswa segera meninggalkan kelas.
CUT TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Di sudut kelas itu terlihat seorang lelaki sedang serius memandangi layar laptop yang ada di depan nya, kelas itu terlihat sangat sunyi.. Hingga akhir nya terdengar suara tawa yang makin lama terdengar lebih dekat
GADIS
Eh.. Masih ada orang ya.. Kelas udah selesai gini masih aja sok sibuk ngerjain tugas,beda ya anak pinter sih gitu..
GADIS II
Hus!! Kalo ngomong jangan gitu, tadi kan emang dapet tugas presentasi buat minggu depan
CUT TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Lelaki itu tetap fokus dengan tugasnya, sebenarnya ia mendengar percakapan antara gadis itu namun ia tetap tidak menggubrisnya. Kelas sunyi itu kini mulai tak nyaman, suara tawa canda beberapa gadis itu membuat risih si lelaki,hingga akhirnya si lelaki itupun memilih untuk meninggalkan kelas.
LELAKI
        Permisi..
(sambil sedikit membungkukan tubuhnya ketika melewati beberapa gadis itu )
GADIS
Jalanan luas kali mas, ga sopan banget ngelewewatin orang lagi ngobrol
LELAKI
( menoleh sinis )
GADIS
Dasar gak sopan, katanya pinter tapi gak ada sopan santun nya
LELAKI
Maaf ya mba, gue tadi udah bilang “permisi”, mungkin lo nya aja kali yang gak denger
( sambil melihat si gadis dengan tampang sinis )
CUT TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Gadis itu terlihat sangat kesal setelah mendengar ucapan yang terlontar dari mulut si lelaki, di waktu yang sama si lelaki itupun pergi meninggalkan kelas dan juga beberapa gadis yang ada di kelas tadi
LELAKI
Salah apa gue sama tuh cewek.. Setiap ketemu bikingue kesel mulu, ada aja salah gue kayaknya.Argh
DISSOLVE TO:
EXT. KAMPUS - AFTERNOON
Terlihat suasana kampus, mulai dari mahasiswa yang sedang berjalan di koridor, keadaan dilapangan,hingga canda tawa yang terdengar sesekali dari kantin
LELAKI II
Woi.. Sendirian mulu lu, sekalinya ada yang nemenin malah di temenin buku hahaha
Sapa seorang teman si lelaki di tengah-tengah langkah kaki nya

LELAKI
Hahaha rese lo.. Nanti juga ada yang nemenin... nanti kapan-kapan...
LELAKI II
Jangan lupa kita ada tugas presentasi nih, yang kelompok ituloh.. Gue sama lo bukan si?
LELAKI
Ohh.. Iya iya inget kok, iya lo sama gue sama anak-anak lain juga lumayan banyak sih ada 6 orang gitu
LELAKI II
Sip deh.. Kabarin gue aja ya, gue duluan nih mau ada kelas lagi
LELAKI
Okee gampang deh yaaa
DISSOLVE TO:
INT. RUMAH - AFTERNOON
Besok pagi adalah jadwal untuk presentasi. Terlihat si lelaki itu sedang membaca buku di kamarnya, dan sesekali mencatat hal-hal yang menurutnya penting di buku itu. Disisi lain, sang gadis angkuh itu sedang bersantai di kamar nya dengan handphone di tangan nya dan secangkir teh hangat yang menemani.
CUT TO:
INT. RUMAH - EVENING
Camera Pan Left. Lelaki itu sedang belajar bahan presentasi untuk besok.
INT. RUMAH - EVENING
Di tempat yang berbeda, si gadis hanya membaca materi sekilas untuk presentasi.
DISSOLVE TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Presentasi berlangsung, si lelaki itu merasa tidak maksimal mempresentasikan materi nya, karena ada beberapa materi yang mendadak tak diingatolehnya. Sedangkan si gadis yang dari kemarin tidak mempersiapkan apapun, merasa puas dengan apa yang sudah ia presentasikan.
GADIS
Halo mas jenius.. Kok bisa lupa gitu sih materinya? hahahaha 
( tertawa dingin )
LELAKI
(pergi meninggalkan gadis itu)
DISSOLVE TO:
EXT. KAMPUS - AFTERNOON
Suasana kampus ramai, lelaki itu sedang bersenda gurau bersama teman-temannya.
LELAKI II
Gue bingung deh ini tugas gak ada abis nya,kemarin presentasi.. Sekarang udah ada ulangan aja
LELAKI
Yaa namanya juga kuliah, tugas nya gak kayak sekolah dulu..lebih berat gitu deh,apalagi presentasi kemarin tuh..
(menunduk dan merenung)
LELAKI II
Ngomong-ngomong presentasi, tumben banget lo kemarin gagap gitu presentasiin nya?
LELAKI
Hhhhhhh.. Udahlah gausah dibahas lagi yang itu, kesel gue. 
CUT TO:
EXT. KAMPUS - AFTERNOON
Gadis sedang duduk pinggir taman sambil memainkan handphone
LELAKI
Yah sial deh pagi-pagi udah ketemu nih cewek
(mimik wajah kesal)
GADIS
Halo mas pinter.. hahaha. jangan lupa belajar ya nanti kita ulangan haha
(tertawa dengan nada meledek)
LELAKI II
Caaelaa.. Siapa tuh? Pagi2 udah di semangatin sama cewek aja..

DISSOLVE TO:
INT. KELAS - AFTERNOON
Suasana kelas saat ujian. Lelaki itu duduk di barisan paling depan, serius dengan lembar soal nya. Sedangkan si gadis duduk dikursi belakang, sesekali ia membuka handphone nya dan melihat jawaban dari internet.
INT. KAMPUS - AFTERNOON
Selesai ujian, lelaki itu membuka kembali catatannya dan ternyata jawaban yang ia tulis berbeda dengan catatannya.
LELAKI
(mimik wajah panik, menghela nafas panjang, pasrah)
Aaaaarrgh!! Kebalik lagi jawaban yang tadi gue tulis..aduhhh
Mendengar lelaki itu sedang meluapkan emosi nya didepan kelas, gadis itu tertawa pelan
GADIS
Mangkanya.. Jangan kebanyakan belajar, lupa deh tuhhh hahaha
LELAKI
( menoleh, dan bergegas meninggalkan tempat itu )
GADIS
Hei..gue belum selesai ngomong!!! Tunggu dulu
LELAKI
Apa lagi? Mau ngeledekin gue lagi? Mau teriak-teriak bilang gue cowok pinter lagi?
GADIS
Ih kok lo sotau banget sih..
Lelaki itu duduk di kursi paling depan dan meletakan tas nya di lantai
LELAKI
Terus?.. Mau ngapain sih? 
GADIS
Gue cuma mau minta maaf.. Gue ga ada maksud buat ngeledekin lo terus, dan gue juga ga bermaksud manggil lo “cowok pinter” yang bersifat ngejek kok.. Lo kan emang pinter, gak kaya gue otak pas-pasan gini
LELAKI
     (terdiam)
Heh ngomong apaa deh lo..toh lo juga selalu dapet nilai lebih dari gue. Gue belajar juga kadang gak sepenuhnya bener kok.
GADIS
Hmm..gini deh,mending kita belajar bareng aja, biar enak gitu daripada kayak ginikan..
Suasana hening, mereka saling berpandangan
GADIS (CONT’D)
Kok diem?? gimanaa?? Mau gak?
LELAKI
Boleh deh.. Ayok kita belajar bareng aja, besok ada quiz juga nih 
DISSOLVE TO:
INT. KELAS - EVENING
Mereka terlihat sedang belajar bersama, lelaki itupun sesekali mengajari si gadis dengan sabar, gadis itu sulit untuk memahami materi,namun si lelaki mencoba mengajarkan gadis dengan perlahan dan sabar. merekapun menjadi sahabat.
FADE OUT.


Written by

SYAHRIMA
Syahrima. Diberdayakan oleh Blogger.
 

My Online Diary Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea